Penyakit HIV secara modern belum di temukan obatnya, karena itu banyak pasien mencari jalan pengobatan alternatif.
Namun sebaiknya ODHA harus pandai memilih dan memilah metode pengobatan alternatif yang sesuai dengan syariat pengobatan HIV
yakni memperbaiki sistem pencernaan, meningkatkan daya tahan tubuh, mengeluarkan virus dari tubuh, dan mengobati infeksi oportunistis.


Ramuan kami di buat dari bahan herbal pilihan ( lokal / impor ) Insha Allah mampu mencegahan dan mengobati penyakit HIV

Berbekal pengalaman kami, siap berikan GARANSI PENGOBATAN

Konsultasi :
0858 6941 2009
0823 3222 2009 - no sms

Kapan Waktu Pemeriksaan CD4 dan Viraload ?

tips-menghadapi-tes-kesehatan1
Jumlah CD4 merupakan salah satu petunjuk penting untuk menentukan kapan harus mulai ART. ART sebaiknya dimulai sebelum jumlah CD4 turun di bawah 200. Kita diusulkan mulai mempertimbangkan ART setelah jumlah CD4 turun di bawah 350.

Perlu diingat bahwa, walaupun jumlah CD4 biasanya menurun kurang lebih rata-rata 50-60 sel per tahun, kadang kala jumlah ini dapat merosot lebih cepat. Lagi pula, jumlah CD4 dapat naik-turun; cara mengukur jumlah CD4 tidak begitu persis, dan ada perbedaan antara laboratorium yang mengukurnya, dan dengan waktu (pagi, siang, sore) pengambilan darah. Jumlah CD4 juga akan berubah tergantung pada kesehatan umum kita dan beberapa masalah lain.

Oleh karena itu, jika kita memakai jumlah CD4 sebagai patokan, maka penting untuk memantau jumlah CD4 setiap enam bulan dan memperhatikan kecenderungan penurunan jumlah CD4, bukan angka saja. Satu cara untuk memantau kecenderungan jumlah CD4 adalah membuat grafik dari hasil pemeriksaan berkala. Setiap kali kita melakukan tes CD4, setelah kita menerima hasilnya, kita dapat menambah satu titik, seperti ditunjukkan di Grafik 1. Dengan ini kita diberikan waktu untuk belajar mengenai ART dan menyiapkan diri sebelum ini menjadi mendesak.

Jika jumlah CD4 kita turun lebih cepat daripada yang diperkirakan, kita mungkin sebaiknya mengulangi tes CD4 setelah beberapa minggu. Seperti dibahas di atas, ada beberapa alasan mengapa jumlah CD4 dapat turun lebih cepat, termasuk kesalahan di laboratorium. Jadi masuk akal untuk tes ulang.

Limfosit Total
Tes CD4 tidak tersedia di banyak daerah di Indonesia, dan jika pun ada, harganya mungkin mahal. Jika tidak mungkin memperoleh jumlah CD4, maka limfosit total merupakan alternatif. Tes limfosit total jauh lebih murah, dan dapat dilakukan di hampir semua laboratorium. Hubungan antara limfosit total dan CD4 tidak sempurna, tetapi sebagian besar pakar mengusulkan bahwa ART sebaiknya dimulai jika limfosit total turun di bawah 1.200. Sekali lagi, masuk akal untuk memantau limfosit total secara berkala dan menentukan kecenderungan penurunannya.

Viral load
Pengukuran viral load tidak diperlukan untuk menentukan kapan mulai ART. Namun ukuran ini dapat memberi informasi tambahan yang berguna jika bisa dilakukan. Jika viral load relatif tinggi (di atas 100.000), kemungkinan jumlah CD4 kita akan menurun lebih cepat, sehingga kita akan membutuhkan ART lebih cepat. Namun viral load lebih penting untuk memantau keberhasilan ART setelah kita mulai.

Link terkait viral load bisa dilihat di http://spiritia.or.id/li/bacali.php?lino=125
Dan Link terkait Test CD4 bisa dilihat di http://spiritia.or.id/li/bacali.php?lino=124
Sumber Tulisan : http://spiritia.or.id / Sumber Gambar : www.google.com

0 komentar:

Posting Komentar

Berbagi Pengalaman sesama ODHA
Kesembuhan Anda bisa meMomotifasi sesama ODHA
Jika Akun Privasi - Gunakan Akun Lain