“Dan apabila aku sakit. Dialah (Allah) yang menyembuhkanku” (As Syu’araa: 80)
Rasulullah ﷺ
“Setiap penyakit ada obatnya, dan bila telah ditemukan dengan tepat obat suatu penyakit, niscaya akan sembuh dengan izin Allah”

Fungsi Sistem Limfatik


Pengertian Sistem limfatik dan Fungsinya

Sistem limfatik adalah jaringan berbentuk tabung di sepanjang tubuhnya yang mengalirkan cairan (disebut getah bening) dari jaringan dan bermuara kembali ke dalam aliran darah. 

Peran utama dari sistem limfatik termasuk mengelola tingkat cairan dalam tubuh, menyaring bakteri, dan jenis perumahan bagi sel darah putih. Getah disaring melalui limpa, timus dan kelenjar getah bening sebelum dikosongkan ke dalam darah.
Pengertian Sistem limfatik dan Fungsinya

Menjaga keseimbangan cairan

Pembuluh darah cenderung meresapkan cairan ke dalam jaringan di sekitarnya. Sistem limfatik mengalirkan lepas cairan ekstra untuk menghentikan jaringan dari mengisap naik. Kaki khususnya rentan terhadap bengkak.

Pembuluh limfatik

Pembuluh limfatik berselang-seling diseluruh tubuh, kecuali untuk sistem saraf pusat. Beberapa pembuluh limfatik memiliki katup (mirip dengan katup dalam pembuluh darah), yang menghentikan getah bening dari berjalan kembali dengan cara yang salah.

Limpa

Limpa adalah di dalam perut, tepat di bawah diafragma. Ini adalah salah satu organ penyaringan darah. Serta menghilangkan mikroba, limpa juga menghancurkan sel-sel darah merah tua atau rusak.

Timus

Timus adalah di dalam tulang rusuk, tepat di belakang tulang dada. Ini adalah organ penyaringan lain darah, yang berisi banyak sel darah putih yang disebut limfosit.

Kelenjar getah bening

Kelenjar getah bening ditemukan di berbagai titik di sekitar tubuh, termasuk tenggorokan, ketiak, dada, perut dan pangkal paha. Semua terletak dekat dengan arteri. Bakteri dijemput dari jaringan oleh getah bening terjebak dalam kelenjar getah bening. Sel darah putih yang disebut limfosit kemudian dapat menyerang dan membunuh bakteri. Inilah sebabnya mengapa kelenjar getah bening Anda cenderung membengkak jika Anda mengalami infeksi. Virus dan sel-sel kanker juga terjebak oleh kelenjar getah bening.

Masalah umum

Beberapa masalah umum dari sistem limfatik meliputi:
  1. Demam kelenjar – gejala termasuk kelenjar getah bening lembut
  2. Penyakit Hodgkin – jenis kanker dari sistem limfatik
  3. Edema – bengkak akibat terlalu banyak cairan di jaringan
  4. Tonsilitis – infeksi amandel di tenggorokan.

Hal yang perlu diingat

  1. Sistem limfatik mempertahankan tingkat cairan dalam tubuh.
  2. Bakteri dan mikroba lainnya diambil oleh getah bening dan dikirim ke kelenjar getah bening untuk kehancuran.
  3. Limpa dan timus adalah organ yang menyaring darah.

Ringkasan

Sistem limfatik adalah serangkaian pembuluh di seluruh tubuh yang mengalirkan cairan dari jaringan. Bakteri dan mikroba lainnya akan dijemput di cairan limfatik dan terperangkap di dalam kelenjar getah bening, di mana mereka bisa diserang dan dihancurkan oleh sel darah putih. Masalah umum dari sistem limfatik meliputi demam kelenjar, penyakit Hodgkin, edema (pembengkakan) dan tonsilitis.

Disclaimer :

Untuk Hasil Sembuh Fungsional Permanen Umumnya di butuhkan pengobatan selama 3-6 bulan pengobatan. Faktor kondisi tubuh seseorang dan suport keluarga sangat berpengaruh terhadap reaksi kesembuhan. Simpanlah alamat & nomor HP kami 082332222009